Journal of Mechanical Engineering Education (Jurnal Pendidikan Teknik Mesin)
Vol 4, No 2 (2017): Desember

Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Latihan terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif

Zikri, Syirojuddin (Unknown)
Suherman, Amay (Unknown)
Permana, Tatang (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran drill terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimental dengan rancangan nonequivalent control group design. Penelitian ini digunakan dua kelas perlakuan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen melakukan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran drill, dan kelas kontrol melakukan pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah. Hasil perhitungan data hasil belajar kelas kontrol, diperoleh skor rata-rata data N-Gain siswa sebesar 0.47 dengan kategori sedang. Hasil observasi terhadap aktivitas siswa saat proses pembelajaran berlangsung dalam kelas kontrol, menunjukkan persentase banyak siswa yang bisa melakukan perhitungan dalam belajar momen sesuai opration manual sebesar 38.71 %. Hasil perhitungan data hasil belajar kelas eksperimen, diperoleh skor rata-rata data N-Gain siswa sebesar 0.72 dengan kategori tinggi. Hasil observasi terhadap aktivitas siswa pada kelas eksperimen, menunjukkan persentase banyak siswa yang bisa melakukan perhitungan dalam belajar momen sesuai opration manual sebesar 84.37 %. Hasil pengujian hipotesis data N-Gain didapat nilai t hitung  =  8.33 t tabel = 1.67.  Ho ditolak sehingga mengambil HA, yaitu terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar antara kelas eksperimen yang menerapkan metode drill, dengan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah yang signifikan. Penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif  dari penerapanan metode pembelajaran drill terhadap hasil belajar pada mata pelajaran teknologi dasar otomotif.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jmee

Publisher

Subject

Education Mechanical Engineering

Description

Journal of Mechaninal Engineering Education merupakan jurnal yang mendeseminasikan hasil penelitian dalam bidang pendidikan teknik mesin (vocational education in mechanical engineering). Terbit tiap bulan Juni dan Desember setiap ...