Journal of Mechanical Engineering Education (Jurnal Pendidikan Teknik Mesin)
Vol 4, No 1 (2017): Juni

Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Agus, Mohamad (Unknown)
Sriyono, Sriyono (Unknown)
Rakhman, Maman (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa  pada mata pelajaran teknik listrik dasar otomotif. Metode penelitian yang digunakan adalah  metode quasi eksperiment. Kelas eksperimen berjumlah siswa 31 orang dengan menerapkan strategi pembelajaran inkuiri dan kelas kontrol dengan menerapkan metode pembelajaran ceramah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes objektif tipe pilihan gandadengan lima pilihan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang sangat signifikan antara kelas yang menerapkan strategi pembelajaran inkuiri dengan kelas yang menerapkan metode pembelajaran ceramah. Kesimpulan penelitian bahwa terjadi peningkatan yang sangat signifikan dengan penerapan strategi pembelajaran inkuiri pada pembelajaran teknik listrik dasar otomotif.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jmee

Publisher

Subject

Education Mechanical Engineering

Description

Journal of Mechaninal Engineering Education merupakan jurnal yang mendeseminasikan hasil penelitian dalam bidang pendidikan teknik mesin (vocational education in mechanical engineering). Terbit tiap bulan Juni dan Desember setiap ...