Journal of Mechanical Engineering Education (Jurnal Pendidikan Teknik Mesin)
Vol 3, No 2 (2016): Desember

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MULTIMEDIA INTERAKTIF MODEL TUTORIAL DENGAN MEDIA HANDOUT PADA KOMPETENSI GAMBAR TEKNIK

Doreng, Rollyka (Unknown)
Wiharna, Ono (Unknown)
Komaro, Mumu (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2016

Abstract

Tujuan dari penelitian ini diharapkan dapat: mengetahui gambaran hasil belajar siswa dengan menggunakan media handout dan media interaktif model tutorial pada mata pelajaran gambar teknik; dan mengetahui perbedaan perbandingan peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran gambar teknik siswa yang menggunakan  media handout dan media interaktif model tutorial. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design yang dilaksankan pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 dengan mengambil sampel 2 kelas yaitu TKR 1 dan TKR 2 di SMK Negeri 8 Bandung. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Instrumen tes (soal pre-test dan post-test) dan Instrumen non tes (lembar judgment media dan lembar judgment materi). Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan multimedia interaktif model tutorial membantu meningkatkan kemampuan siswa menjadi lebih baik dibandingkan dengan media handout dengan rata-rata prestasi siswa yang belajar menggunakan media handout mendapatkan nilai N-gain sebesar 0,51 (sedang). Rata-rata prestasi siswa yang belajar menggunakan multimedia interaktif model tutorial mendapat nilai N-gain sebesar 0,54 (sedang). Kesimpulan dari penelitian ini adalah multimedia interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa lebih baik dari pada media handout.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jmee

Publisher

Subject

Education Mechanical Engineering

Description

Journal of Mechaninal Engineering Education merupakan jurnal yang mendeseminasikan hasil penelitian dalam bidang pendidikan teknik mesin (vocational education in mechanical engineering). Terbit tiap bulan Juni dan Desember setiap ...