Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pelayanan setelah munculnya program citizen carter di RSUD dr. Iskak kabupaten Tulungagung. Kinerja pelayanan yang telah diberikan oleh RSUD Dr. Iskak Kabupaten Tulungagung kepada masyarakat yang diukur melalui Indeks Kepuasan Pelanggan dengan kategori tingkat layanan adalah Baik. Ini berarti pelayanan yang telah diberikan selama ini telah memberikan kepuasan kepada pelanggan. Jadi kesimpulan ini sejalan dengan hipotesis yang penulis ajun.Unsure pelayanan yang paling memuaskan bagi para pelanggan adalah unsur keamanan pelayanan (U14). Dan unsur pelayanan inilah yuang telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap tingkat kepuasan layanan public pada RSUD Dr Iskak Kabupaten Tulungagung.Unsur pelayanan yang menduduki nilai terbawah yang berarti nilainya paling rendah menurut presepsi dari para pengguna layanan adalah unsure ketepatan pelaksanaan terhadap jadwal waktu pelanksanaan (U12)Berdasarkan variabel tangible (bukti langsung), maka: (a) Prosedur pelayanan memiliki nilai 3,06; (b) Persyaratan pelayanan memiliki nilai 3,01; dan (c) Kejelasan petugas pelayanan memiliki nilai 3,03.Berdasarkan variabel reliability (kendala), maka: (a) Kecepatan pelayanan memiliki nilai 3,01; (b) Keadilan mendapatkan pelayanan memiliki nilai 2,98.Berdasarkan variabel responsiveness (daya tanggap), maka: (a) Kedisiplinan petugas pelayanan memiliki nilai 3,00; (b) Tanggung jawab petugas pelayanan memiliki nilai 3,00; dan (c) Kemampuan petugas pelayanan memiliki nilai 3,00.Berdasarkan variabel assurance (jaminan), maka: (a) Kesopanan dan keramahan petugas memiliki nilai 3,04: (b) Kenyamanan lingkungan memiliki nilai 3,06; dan (c) Keamanan pelayanan memiliki nilai 3,09.Berdasarkan variabel Emphaty (empati), makaL (a) Kewajaran biaya pelayanan memiliki nilai 3,01; (b) Kepastian biaya pelayanan memiliki nilai 3,01; dan (c) Kepastian jadwal pelayanan memiliki nilai 2,94.Â
Copyrights © 2015