JIM Pendididikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 3, No 1 (2018): Jurnal PBSI 5 Januari 2018

KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 16 BANDA ACEH MENGIDENTIFIKASI STRUKTUR TEKS DISKUSI

Desri Yani Rizki (Jurusan PBSI FKIP Unsyiah)
Yusri Yusuf (Jurusan PBSI FKIP Unsyiah)
Muhammad Idham (Jurusan PBSI FKIP Unsyiah)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul ”Kemampuan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Banda Aceh Mengidentifikasi Struktur Teks Diskusi.” Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan siswa mengidentifikasi struktur teks diskusi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPNegeri 16 Banda Aceh tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 36 orang.  Sampel diambil secara acak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik nontes. Pengolahan data dilakukan dengan cara mencari nilai rata-rata (mean) siswa berdasarkan hasil jawaban siswa. Nilai KKM bahasa Indonesia di SMP Negeri 16 Banda Aceh adalah 70.Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-ratakemampuan siswa kelas VIII SMPNegeri 16Banda Aceh  mengeidentifikasi tiap-tiap aspek, nilai rata-rata mengidentifikasi struktur isu 68,33, nilai rata-rata mengidentifikasi struktur  argumen mendukung 65,66, nilai rata-rata mengidentifikasi struktur argumen menentang 63,88 dan, nilai rata-rata mengidentifikasi struktur simpulan 65,33. Jadi, nilai yang diperoleh dari tiap-tiap aspek  termasuk dalam kategori cukup. Nilai rata-rata kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Banda Aceh dari keseluruhan aspek tersebut adalah 67,20 termasuk dalam kategori cukup. Hal ini menunjukkan tingkat kemampuan siswa tersebut masih di bawah rata-rata nilai KKM yang ada di SMP 16 Banda Aceh dan masih memerlukan peningkatan. Dengan kata lain siswa kelas VIII SMPNegeri 16 Banda Aceh belum mampu mengidentifikasi struktur teks diskusi.Kata kunci:  Kemampuan, mengidentifikasi, struktur,  teks diskusi. ABSTRACT This research entitle " Ability of Student Class VIII SMP Country 16 Banda Aceh Identify Structure Text Discussion." raised Problem in this research is how ability of student identify discussion text structure this Research population is VIII SMP Country class student 16 Banda Acheh school year 2016 / 2017 amounting to 36 people. Sampel taken at random.used Technique data collecting in this research is nontes technique. Data-Processing conducted by searching average value ( student mean) pursuant to result of student answer. Assess KKM Indonesian in SMP Country 16 Banda Aceh is 70 Result of research show average value ability of VIII SMP Country class student 16 Banda Aceh identify every aspect, average value identify issue structure 68,33, average value identify argument structure support 65,66, average value identify argument structure oppose 63,88 and, average value identify structure conclude 65,33. Becoming, obtained value from every aspect of is included in category enough. average value Ability of VIII SMP Country class student 16 Banda Aceh from overall of the aspect is 67,20 included in category enough. This matter show storey;level ability of the student still under mean assess KKM exist in SMP 16 Banda Aceh and still need improvement. Equally VIII SMP Country class student 16 Banda Acheh not yet can identify discussion text structure.Keywords: Students’ Ability, indetify, structure, text discussion

Copyrights © 2022