EKONOMIA
Vol 5, No 3 (2016)

PENGARUH LEVERAGE, PROFITABILITY, MARKET VALUE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PROPERTY YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2012-2014

Rina Masyithoh Haryadi, Nuraeni , Elfreda Aplonia Lau (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2017

Abstract

NURAENI, 2016. Pengaruh Leverage, Profitability, Market Value dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan Property yang terdaftar di BEI Tahun 2012-2014 dibawah bimbingan Ibu Elfreda Aplonia Lau selaku dosen pembimbing I dan Ibu Rina Masyithoh Haryadi selaku dosen pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh leverage, profitability, market value dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan property selama tahun 2012-2014 secara parsial dan simultan. Sampel dalam penelitian ini adalah 17 emiten perusahaan property yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2012-2014. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial variabel leverage berhubungan negatif dan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan property yang terdaftar di BEI tahun 2012-2014. Sementara itu, variabel profitability secara parsial berhubungan positif dan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan property yang terdaftar di BEI tahun 2012-2014, sedangkan variabel market value dan ukuran perusahaan secara parsial berhubungan positif dan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan property yang terdaftar di BEI tahun 2012-2014. Secara simultan variabel leverage, profitability, market value dan ukuran perusahaan berhubungan positif dan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan property yang terdaftar di BEI tahun 2012-2014. Koefisien determinasi menunjukan nilai sebesar 0,209 berarti bahwa variabel dependen (nilai perusahaan) dapat dijelaskan oleh 4 variabel independen (leverage, profitability, market value dan ukuran perusahaan) dengan nilai 20,9%. Sedangkan sisanya sebesar 79,1% dijelaskan oleh faktor-faktor lain di luar model penelitian

Copyrights © 2016