Al-Amwal : Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syari\'ah
Vol 10, No 1 (2018)

Pengaruh Religiusitas dan Persepsi Nasabah terhadap Keputusan Memilih Bank Syariah

Muhammad Zuhirsyan (Unknown)
Nurlinda Nurlinda (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2018

Abstract

Abstrak  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas dan persepsi para nasabah Perbankan Syariah dalam menentukan pilihan menjadi nasabah di BRI Syariah. Penelitian ini dilakukan untuk melihat seberapa besar pengaruh religiusitas dan persepsi terhadap keputusan memilih perbankan syariah di PT. BRI Syariah di Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kausal dengan metode pengumpulan data menggunakan metode survey dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuisioner serta sampel dipilih secara random sampling. Pengolahan data akan dibantu dengan alat analisis data untuk menjawab apakah terdapat pengaruh yang signifikan tingkat religiusitas terhadap keputusan memilih bank syariah pada PT. BRI Syariah KC. S. Parman serta Apakah terdapat pengaruh yang signifikan persepsi terhadap keputusan memilih bank syariah pada PT. BRI Syariah KC. S. Parman. Hasil penelitian menunjukkan, secara simultan religiusitas dan persepsi nasabah berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan memilih bank syariah. Sementara secara parsial, hanya variable religiusitas yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan memilih bank syariah. Kata Kunci: Religiusitas, Persepsi Calon Nasabah, Keputusan Memilih, Bank Syariah Abstract The purpose of this research is to determine the influence of religiosity and perceptions of sharia banking customers in determining the choice of becoming a customer at BRI Syariah. This research was conducted to measure the influence of religiosity and perceptions on the decision of choosing sharia banking in PT. BRI Syariah in Medan. The type of this research is causal research with data collection method using survey method and data collection technique using questionnaire technique and sample is choosen by random sampling. Data processing using data analysis tool to answer whether there is a significant influence the level of religiosity to the decision of choosing Islamic banks at PT. BRI Syariah KC. S. Parman and is there any significant influence perception on decision of choosing sharia bank at PT BRI Syariah KC. S. Parman. The results showed, simltaneously the religiosity and perception of customers significantly influence the decision to choose Islamic banks. While partially, only variable religiosity has a positive and significant influence on the decision to choose Islamic banks.  Keywords: Religiosity, perception of Prospective Customers, Decision of Choosing, Sharia Bank

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

amwal

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Al-Amwal: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah is a peer-reviewed journal published by the Department of Islamic Banking Syariah Faculty of Islamic Economics of IAIN Syekh Nurjati Cirebon. The journal publishes papers in the field of accounting and finance that give significant contribution to the ...