INTISARI Kecerdasan moral merupakan kemampuan individu untuk memahami mana hal yang benar dan yang salah. Pada usia SMP pada dasarnya anak memasuki usia remaja awal, yaitu antara 10-14 tahun, dengan ciri cenderung emosi labil, ambivalensi, serta sedang mencari tokoh panutan atau idola. Peningkatan kecerdasan moral sendiri merupakan salah satu tujuan dari pendidikan di Indonesia, sehingga perlu dikembangkan  dengan  berbagai  metode  yang  dirasa  efektif  diantaranya adalah dengan metode storytelling. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh metode storytelling terhadap kecerdasan moral siswa di SMP Al Azhar Shifa Budi Samarinda.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain pre- eksperimental tipe one group Pre-test – post-test atau yang disebut juga before – after design. Sampel penelitian adalah siswa SMP Al Azhar Shifa Budi Samarinda berjumlah 60 siswa. Analisis data menggunakan Uji beda paired sample t-Test, yaitu mencari perbedaan untuk sampel berpasangan.Hasil penelitian menunjukkan kecerdasan moral yang terdiri dari 7 aspek semuanya  mengalami  kenaikan  skor  antara pre-test  dan  post-test.  Kenaikan  skor antara sebelum dengan sesudah storytelling  adalah 896 point atau rata-rata per aspek naik 128 point. Setelah dilakukan storytelling ada peningkatan siswa yang masuk kategori kecerdasan moral tinggi dari 49 siswa menjadi 56 siswa. Artinya ada 7 orang dari kategori sedang menjadi kategori tinggi. Terdapat pengaruh metode Storytelling terhadap kecerdasan moral siswa di Sekolah Menengah Pertama Al Azhar Shifa Budi Samarinda. Hal dibuktikan oleh hasil uji beda yang menyatakan terdapat perbedaan antara  kecerdasan moral pre-test dengan kecerdasan moral post-test dengan nilai t yaitu -10,724 dan nilai signifikansinya (P) sebesar  0.000. Perbedaan tersebut bermakna secara statistik yang ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata (mean) skor15,200. ABSTRACT Moral intelligence is the ability of individuals to understand where things are right and wrong. At the age of junior high school basically the child enter early adolescence, between 10-14 years, with the characteristics tend to emotional instability, ambivalence, and was looking for a role model or idol. Increased moral intelligence itself is one of the goals of education in Indonesia, so it needs to be developed with a variety of methods were that are considered effective by the method of storytelling. This research aims to know the influence of method of storytelling against moral intelligence in junior high students of Al-Azhar Shifa Budi Samarinda.This research is a quantitative research design using pre-experimental type of one group pre-test - post-test is also known before - after design. Sample research is the junior high school students of Al Azhar Shifa Budi Samarinda amounted to 60 students. Analysis of data using different test paired sample t-Test, which is looking for a difference for paired samples.Results of the study showed moral intelligence consisting of seven aspects are all experienced an increase in scores before and after treatment. The increase in score between pre-test to post-test is 896 points, or an average per aspect up 128 points. After a storytelling there is an increasing student who entered the category of moral intelligence higher than 49 students become 56 students. This means that there are 7 of the moderate category into the high category. There are significant moral intelligence methods Storytelling to students in Junior High School Shifa Al-Azhar Budi Samarinda. It is evidenced by the results of different test stating there is a difference between moral intelligence pre-test to post-test of moral intelligence to the value t is -10.724 and the significance value (P) of 0000. The difference was statistically significant as indicated by the increase in the average (mean) score of15,200.
Copyrights © 2016