MOTIVASI
Vol 5, No 1 (2017)

HUBUNGAN KECERDASAN EMOSI DENGAN KENAKALAN REMAJA DI SMP PGRI 7 SAMARINDA

Mutia, Adelia (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2017

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosi dengan kenakalan remaja di SMP PGRI 7 Samarinda. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 dan 2 SMP PGRI 7 Samarinda. Sampel penelitian berjumlah 67 siswa dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah insidental sampling. Data yang diperoleh berdasarkan hasil analisis korelasi product moment menunjukkan nilai koefisien korelasi kecerdasan emosi dengan kenakalan remaja sebesar -0,604 dengan p=0,000 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti, yaitu ada hubungan negatif antara kecerdasan emosi dengan kenakalan remaja di SMP PGRI 7 Samarinda dapat diterima. Nilai koefisien korelasi negatif menunjukkan bahwa arah hubungan kedua variabel adalah tidak searah, artinya semakin rendah kecerdasan emosi maka semakin tinggi kenakalan remaja. Kecerdasan emosi memberikan sumbangan efektif sebesar 36% dengan kenakalan remaja dan sebesar 64% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.  ABSTRACTThis study aims to determine the relationship of emotional intelligence with juvenile delinquency in SMP PGRI 7 Samarinda. The subjects of this study are students of grade 1 and 2 SMP PGRI 7 Samarinda. The sample of this research is 67 students with the sampling technique used is incidental sampling. The data obtained based on product moment correlation analysis results show the value of correlation coefficient of emotional intelligence with juvenile delinquency equal to -0.604 with p = 0.000 (p <0,05). These results indicate that the hypothesis proposed by the researcher, ie there is a negative relationship between emotional intelligence with juvenile delinquency in SMP PGRI 7 Samarinda acceptable. Negative correlation coefficient value indicates that the direction of relationship between the two variables is not unidirectional, meaning the lower the emotional intelligence the higher the juvenile delinquency. Emotional intelligence contributes 36% effectively to juvenile delinquency and 64% is influenced by other factors not examined in this study.

Copyrights © 2017