Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Informatika
Vol. 14 No. 2 (2017): JBMI

PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT PADA ROOM ATTENDANT HOUSEKEEPING DEPARTEMENT DI HOTEL IBIS BUDGET MAKASSAR AIRPORT

Rafika Hayati (Politeknik Bosowa)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2018

Abstract

Industri perhotelan merupakan salah satu industri jasa yang saat ini berkembang pesat di KotaMakassar. Perkembangan tersebut menuntut tidak hanya hotel menyediakan produk yang bervariasitetapi juga didukung oleh kualitas pelayanan. Penelitian ini membahas tentang penerapan TotalQuality Management pada housekeeping departemen serta faktor pendukung dan penghambatdalam penerapannya di hotel Ibis Budget Makassar.Penerapan Total Quality Management Housekeeping departemen di Ibis Budget Makassar memilikifaktor pendukung berupa adanya standar operational procedure (SOP) dari manajemen ACCORyang berpatokan pada total quality management merupakan SOP yang digunakan oleh setiap hotelIbis baik di Indonesia dan inetrnasional. Selain itu adanya struktur organiasasi yang rampingmemudahkan dalam pengawasan dan pemberian pelatihan secara berkala serta hal tersebut jugamemberikan manfaat berupa mudahnya komunikasi yang dibangun serta penilaian dalampemberian penghargaan. Faktor penghambat dalam penerapan total quality management berasaldari faktor eksternal berupa ketersediaan linen bersih dalam menunjang kelancaran operasionaldan kelengkapan fasilitas kamar.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jbmi

Publisher

Subject

Description

Jurnal Bisnis Manajemen & Informatika (JBMI) with ISSN: 0216-4132 published by the Department of Management, Faculty of Economics and Business, Hasanuddin University, is a scientific period that seeks to actively participate in efforts to find / develop, disseminate and apply business, management, ...