Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Informatika
Vol. 13 No. 3 (2017): JBMI

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IMPULSE BUYING PADA PENGUNJUNG TOSERBA YOGYA BOJONGSOANG BANDUNG

Leny Lebang (Universitas Telkom Bandung)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2017

Abstract

Pembelian impulsif merupakan kecenderungan konsumen untuk membeli produk atau jasa secara tidak terencana.Sejalan dengan tujuan pemasar, pembelian impulsif berdampak positif terhadap peningkatan penjualan perusahaan.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian impulsif pada pengunjung ToserbaYogya Bojongsoang Bandung. Sebanyak 100 responden dipilih secara accidental sampling sebagai sampel penelitian.Tehnik analisis menggunakan importance-performance analysis, analisis faktor dan analisis regresi berganda. Pengolahandata menggunakan SPSS for windows version22.0, dan membentuk tiga faktor yaitu Lingkungan Toko, Promosi Dalam Toko, dan Gaya Berbelanja, dengan LingkunganToko sebagai faktor yang paling dominan. Secara simultan diketahui bahwa variabel Lingkungan Toko (X1), PromosiDalam Toko (X2), dan Gaya Berbelanja (X3) mempengaruhi Pembelian Impulsif (Y) dengan Fhitung sebesar 39,116.Secara parsial ketiga variabel independen tersebut mempunyai pengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif. Hasilimportance-performance analysis menunjukkan atribut-atribut pelayanan yang harus menjadi perhatian utama bagi pihakmanajemen yaitu atribut penawaran toko, harga rendah/diskon, dan karyawan toko.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jbmi

Publisher

Subject

Description

Jurnal Bisnis Manajemen & Informatika (JBMI) with ISSN: 0216-4132 published by the Department of Management, Faculty of Economics and Business, Hasanuddin University, is a scientific period that seeks to actively participate in efforts to find / develop, disseminate and apply business, management, ...