Program Bimbingan Pribadi ditujukan untuk mengembangkan potensi diri pada siswa kelas XI SMA Negeri 6 Pontianak dalam bidang ekstrakurikuler tergolong baik,meliputi aspek kebugaran, kesehatan, keterampilan dasar, keterampilan khusus, terkuasainya prinsip-prinsip gerak, kemampuan berpikir, mengambil keputusan dalam keadaan sulit, keterampilan sosial dalam solidaritas, keterampilan sosial dalam sikap sportivitas, kepercayaan diri, dan citra diri,yang berarti guru pembimbing telah memberikan pemahaman tentang potensi diri positif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deksriptif kuantitatif-kualitatif dengan bentuk penelitian studi survey. Adapun hasil yang diperoleh adalah berupa langkah-langkah penyusunan program dilakukan berdasarkan rancangan program yang telah disusun yang disesuaikan dengan rumusan kebutuhan berdasarkan assessment, rumusan kebutuhan berdasarkan tujuan bimbingan dan konseling sesuai dengan tujuan dan materi yang diberikan, dan strategi pengembangan program. Kata Kunci: program, bimbingan pribadi, potensi diri. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017