Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktik dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi
Vol 23, No 2 (2018)

Pendidikan Kesiapsiagaan Bencana Tanah Longsor Untuk Siswa Anak Usia Dini Dengan Metode Dongeng Berbasis Media Pop Up Book Di Paud Dewi Sartika Kecamatan Bergas

Andi Irwan Benardi (UNNES)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendesain dan menyusun naskah dongeng tentang kesiapsiagaan bencana tanah longsor, mendesain dan membuat pop up book tentang kesiapsiagaan bencana tanah longsor, dan mengetahui tingkat efektivitas metode mendongeng dengan media Pop Up book dalam pendidikan kesiapsiagan bencana tanah longsor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive samplingĀ  pada kelas rendah, sedangkan pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara danĀ  kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan desain dan susunan naskah dongeng sesuai untuk anak usia PAUD Dewi Sartika Kecamatan Bergas. Desain dan pembuatan pop up book disesuaikan dengan naskah dongeng dan mempertimbangkan unsur gerak serta unsur tiga dimensi, dan tingkat efektivitas penerapan metode mendongeng dengan media Pop up book dalam pendidikan kesiapsiagaan bencana tanah longsor untuk siswa PAUD Dewi Sartika Kecamatan Bergas termasuk dalam kategori efektif dengan nilai gain sebesar 0,528 atau dalam kategori efektivitas sedang.DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um017v23i22018p085

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpg

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi published two times a year in January and June. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi provides scientific papers on Education and Geography both ...