Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan
Vol 8 No 2 (2018)

Hubungan Kegiatan Workshop Design Thinking Dengan Sikap Peserta Terhadap Kewirausahaan

Sherly Amalia (Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran)
Hanny Hafiar (Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran)
Heru Riyanto Budiana (Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran)



Article Info

Publish Date
04 May 2018

Abstract

Program ini dicanangkan Disperindag Jabar bekerjasama dengan Unpad untuk membentuk wirausaha baru. Materi utama pelatihan adalah Design Thinking. Namun banyak peserta mengeluhkan pesan tidak dapat diterima dengan baik, dikarenakan penyampaian pesan kurang jelas. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui sejauhmana hubungan antara pelatihan Workshop Design Thinking for Start-Up Business Development oleh Universitas Padjadjaran dengan sikap peserta terhadap kewirausahaan. Teori yang digunakan adalah Elaboration Likelihood Model oleh Petty dan Cacioppo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling, Populasi penelitian adalah peserta pelatihan angkatan 27 dan 28 dan menghasilkan sampel 65 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian yang didapatkan adalah terdapat hubungan yang cukup berarti antara Pelatihan Workshop Design Thinking for Start-Up Business Development oleh Universitas Padjadjaran dengan sikap peserta terhadap kewirausahaan. Hasil tersebut menunjukkan materi pelatihan, kredibilitas pelatih, metode pelatihan yang baik cukup dapat mempengaruhi kognisi, afeksi, dan konasi peserta.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

scholaria

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan is a double blind-peer-reviewed journal managed by Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga cooperates with the Himpunan Dosen Pendidikan Guru Sekolah ...