PEDAGOGY
Vol 5 No 1 (2018): JURNAL PEDAGOGY VOL. 5 NO. 1 JANUARI 2018

BINTEK DAN PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM PEMBELAJARAN

Supriyono, Supriyono (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Feb 2018

Abstract

Penelitian ini berfokus pada kompetensi guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013. Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah perlunya dikembangkan kompetensi guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013, karena kunci dari pelaksanaan Kurikulum 2013 terletak pada guru, sehingga guru perlu diberikan pembekalan yang cukup dalam bentuk bimbingan teknis (Bimtek) dan pendampingan penerapan Kurikulum 2013 di sekolah. Melalui kegiatan bimtek dan pendampingan kurikulum diharapkan guru mampu dan terampil mengimplementasikan Kurikulum 2013 secara kreatif, inspiratif, dan konsisten. yang mana selama ini pendekatan yang banyak digunakan adalah pendekatan ekspositori (teacher centered). Adapun tujuan khusus peneltian ini adalah untuk menjelaskan: 1).Cara meningkatkan kemampuan guru kelas I di TPK  SDN Kraksaan Wetan II Kecamatan Kraksaan Probolinggo melalui Bintek dan pendampingan mengimplementasikan kurikulum 2013  Tahun Pelajaran 2017-2018. 2) Cara melakukan Bintek dan pendampingan mengimplementasikan kurikulum 2013   dalam meningkatkan kemampuan guru kelas I di TPK  SDN Kraksaan Wetan II Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2017-2018. Hasil penelitian Bimbingan Teknis dan Pendampingan In-On Implementasi Kurikulum 2013 pada guru kelas I TPK SDN Kraksaan Wetan II  Tahun Pelajaran 2017-2018, sudah berjalan sesuai  harapan. Capaian indicator 1 sebesar 87,67% katagori sangat baik, indicator 2 sebesar 86,06% katagori sangat baik, indicator 3 sebesar 85,14% katagori baik dan  indicator 4 sebesar 87,10% katagori sangat baik, berarti sudah melebihi ukuran ketercapaian yang sudah ditetapkan yaitu minimal baik.

Copyrights © 2018