Salah satu tujuan supervisi akademik adalah agar guru semakin mampu memfasilitasi belajar bagi murid-muridnya.  Pengawasan akademik artinya membina guru dalam mempertinggi kualitas proses pembelajaran agar dapat meningkatkan mutu hasil belajar siswa. Aspek yang dibina adalah aspek-aspek yang terkait dengan proses pembelajaran. Dengan demikian pengawas sekolah dasar harus mampu menyusun program dan  melaksanakan supervisi secara berkala dengan memperhatikan prinsip-prinsip supervisi. Permasalahan di lapangan masih banyak guru yang kesulitan dalam menyusun perangkat pembelajaran mulai dari silabus sampai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran seperti yang diamanatkan pada Permendiknas  nomor 41 tahun 2007. Berangkat dari permasalahan berikut maka perlu adanya supervisi pengawas sekolah yang difokuskan pada bagaimana menyusun perangkat pembelajaran bagi guru  sehingga guru-guru dapat menghasilkan model pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi siswa. Temuan dalam peneltian tindakan sekolah yang dilakukan dalam dua siklus menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dari penyusunan perencanaan pembelajaran maupun pelaksanaan pembelajaran di kelas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Supervisi dan pendampingan pembelajaran pengawas sekolah dasar dapat meningkatkan kemampuan mengajar guru SD di Gugus Sekolah IV, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018