Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 9, No 2 (2016): JURNAL FON

PERBEDAAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DENGAN EXAMPLE NONEXAMPLE PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KADUGEDE KABUPATEN KUNINGAN TAHUN AJARAN 2014/2015

Sudrajat, Ajat (Unknown)
Oktaviyani, LInda Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2016

Abstract

Judul penelitian ini adalah Perbedaan kemampuan menulis karangan narasi melalui penerapan metode problem based learning dengan example nonexamplepada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kadugede Kabupaten Kuningan Tahun Ajaran 2014/2015. Rumusan Masalah: 1) Bagaimanakah kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kadugede Kabupaten Kuningan Tahun Ajaran 2014/2015 dalam menulis karangan narasi melalui metode problem based learning ?, 2) Bagaimanakah kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kadugede Kabupaten Kuningan Tahun Ajaran 2014/2015 dalam menulis karangan narasi melalui metode example nonexample ?, 3) Adakah perbedaan kemampuan menulis karangan narasi melalui penerapan metode problem based learning dengan example nonexample pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kadugede Kabupaten Kuningan Tahun Ajaran 2014/2015?. Metode: quasi eksperiment atau eksperimen semu. Simpulan: 1)Kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kadugede Kabupaten Kuningan Tahun Ajaran 2014/2015 dalam menulis karangan narasi melalui metode problem based learningtermasuk kategori baik, hal ini dibuktikan dengan memperoleh nilai rata-rata 79,47 dengan jarak interval 71 – 85. Jadi hipotesis diterima. 2) Kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kadugede Kabupaten Kuningan Tahun Ajaran 2014/2015 dalam menulis karangan narasi melalui metode example nonexampletermasuk kategori cukup, hal ini dibuktikan dengan memperoleh nilai rata-rata 65,87 dengan jarak interval 41 – 70. Jadi hipotesis diterima. 3) Terdapat perbedaan kemampuan menulis karangan narasi melalui penerapan metode problem based learning dengan example nonexamplepada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kadugede Kabupaten Kuningan Tahun Ajaran 2014/2015hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh t hit (5,686) t daf (1,67), maka Hi diterima.Kata kunci : perbedaan, kemampuan menulis karangan narasi, penerapan metode PBL dan example nonexample, dan siswa kelas VII

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

FON

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

FON : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan media publikasi ilmiah (artikel dan hasil penelitian) pendidikan, bahasa, dan sastra Indonesia. FON diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kuningan. FON ...