JIEM
Vol 2, No 1 (2016)

COLLABORATIVE LEARNING PADA MATA KULIAH GEOMETRI ANALITIK BIDANG UNTUK MENUMBUHKAN KECERDASAN SPASIAL (SPACIAL INTELLIGENCE) MATEMATIKA MAHASISWA

Yanuarto, Wanda Nugroho (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecerdasan spasial (spacial intelligence) matematika mahasiswa dengan dibantu oleh model pembelajaran collaborative learning pada mata kuliah Geometri Analitik Bidang. Kecerdasan Spasial adalah kemampuan untuk melihat dan mengamati dunia spasial secara cermat. Spasial adalah suatu hal yang berkenaan dengan ruang atau tempat dengan melibatkan kesadaran akan warna, garis, bentuk, bidang, ruang, ukuran, dan juga hubungan di antara elemen-elemen tersebut. Oleh karena itu, dengan menggunakan model pembelajaran kolaboratif diharapkan mahasiswa dapat dengan mudah menyelesaikan masalah yang terkait dengan mata kuliah Geometri Analitik Bidang dengan menggunakan kecerdasan spasial mereka dalam pembelajaranya di kelas. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester 1 kelas A program studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Sedangkan objek penelitian adalah seluruh proses dan hasil pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran collaborative learning yang diharapkan dapat menumbuhkan kecerdasan spasial (spacial intelligence) mahasiswa di kelas tersebut. Instrumen penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi kecerdasan spasial (spacial intelligence), lembar observasi keaktifan mahasiswa, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran yang telah dirancang oleh dosen model dan para dosen observer telah dapat memunculkan kecerdasan spasial (spacial intelligence). Dari hasil dan pembahasan dalam penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran collaborative learning pada mata kuliah Geometri Analitik Bidang dapat membantu menumbuhkan kecerdasan spasial (spacial intelligence). Pengembangan pembelajaran dilakukan sesuai dengan kebutuhan pada mahasiswa.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jiem

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika (JIEM) adalah jurnal ilmiah online Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun yang berdiri sejak 23 Februari 2015. Jurnal ini merupakan terbitan berkala 6 bulan, dengan jadwal terbit bulan April dan ...