Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar Lempar Lembing dengan menggunakan penerapan Pendekatan Bermain pada siswa kelas VIII SMP SWASTAGKPS 1 PEMATANG RAYA tahun ajaran 2015/2016. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan September 2015.
Berdasarkan hasil belajar siswa pada siklus I setelah tes hasil belajar I dapat dilihat bahwa kemampuan awal siswa dalam melakukan teknik lempar lembing masih rendah. Dari 25 orang siswa terdapat 10 orang (40%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 15 orang (60%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 60,97. Sedangkan pada siklus II dapat dilihat bahwa kemampuan siswa dalam melakukan tes hasil belajar secara klasikal sudah meningkat. Dari 25 orang siswa terdapat 22 orang (88%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 3 orang (12%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 80,16. Berdasarkan hal itu maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran melalui Penerapan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar Lempar Lembing pada siswa kelas VIII SMP SWASTAGKPS 1 PEMATANG RAYA KABUPATEN SIMALUNGUN TAHUN AJARAN 2015/2016.
Copyrights © 2016