Volume 4 no 1, Maret 2016
Vol 4 No 1 (2016): JURNAL ILMIAH STOK BINA GUNA MEDAN

PENINGKATAN HASIL BELAJAR LEMPAR LEMBING MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS VII SMP

ALMUNAWAR, AHMAD (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar Lempar Lembing dengan menggunakan penerapan Pendekatan Bermain pada siswa kelas VIII SMP SWASTAGKPS 1 PEMATANG RAYA tahun ajaran 2015/2016. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan  September 2015. Berdasarkan hasil belajar siswa pada siklus I setelah tes hasil belajar I dapat dilihat bahwa kemampuan awal siswa dalam melakukan teknik lempar lembing  masih rendah. Dari 25 orang siswa terdapat 10 orang (40%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 15 orang (60%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 60,97. Sedangkan pada siklus II dapat dilihat bahwa kemampuan siswa dalam  melakukan tes hasil belajar secara klasikal sudah meningkat. Dari 25 orang siswa terdapat  22 orang (88%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 3 orang (12%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 80,16. Berdasarkan hal itu maka dapat  ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran melalui Penerapan pendekatan bermain  dapat meningkatkan hasil belajar  Lempar Lembing pada siswa kelas VIII SMP SWASTAGKPS 1 PEMATANG RAYA KABUPATEN SIMALUNGUN TAHUN AJARAN 2015/2016.

Copyrights © 2016