Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar Smash bola dengan menggunakan penerapan gaya mengajar Inklusi pada siswa kelas V SD Swasta Mulia Medan tahun ajaran 2014/2015. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2015.
Berdasarkan hasil belajar siswa pada siklus I setelah tes hasil belajar I dapat dilihat bahwa kemampuan awal siswa dalam melakukan teknik Smash masih rendah. Dari 25 orang siswa terdapat 10 orang (40%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 15 orang (60%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 60,97. Sedangkan pada siklus II dapat dilihat bahwa kemampuan siswa dalam melakukan tes hasil belajar secara klasikal sudah meningkat. Dari 25 orang siswa terdapat 22 orang (88%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 3 orang (12%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 80,16. Berdasarkan hal itu maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran melalui Penerapan Gaya mengajar Penemuan Terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar Backhand Short Service pada siswa kelas V SD Swata Mulia Medan tahun ajaran 2014/2015.
Copyrights © 2015