Volume 3 no 2, September 2015
Vol 3 No 2 (2015): JURNAL ILMIAH STOK BINA GUNA MEDAN

PENINGKATAN HASIL BELAJAR KATA (JURUS) DENGAN PENDEKATAN MASTERY LEARNING

Dewi, Ratna (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2017

Abstract

Secara umum tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Kata pada perkuliahan Karate dengan pendekatan  mastery learning.Selain itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil belajar Kata mahasiswa, proses   dan hasil belajar kata Karate pada mahasiswa. Penelitian tindakan ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester genap Pendidikan Kepelatihan kelas A regular STOK Binaguna Medan.                Penelitian ini dilakukan dengan empat kali pertemuan terdiri dari dua siklus, setiap siklus empat kali pertemuan. Untuk menguji hasil belajar Kata dengan pendekatan mastery learning pada mata kuliah karate. Peningkatan hasil belajar Kata dengan pendekatan mastery learning pada siklus I menunjukkan bahwa 29 (60,42%) mahasiswa telah tuntas, dan 19 (39,58%) mahasiswa belum tuntas. Hal ini berarti untuk aspek hasil belajar pada pembelajaran Siklus I belum tuntas secara klasikal yaitu 85% mahasiswa belajar tuntas. Oleh karena itu perlu diadakan perbaikan untuk siklus berikutnya. Hasil penilaian pada siklus II menunjukkan bahwa 43 (89,58%) peserta didik telah tuntas, dan 5 (10,42%) mahasiswa belum tuntas. Hal ini berarti untuk aspek hasil belajar Kata pada pembelajaran Siklus II telah tuntas secara klasikal yaitu 95% mahasiswa. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) dengan pendekatan belajar tuntas (mastery learning) dapat meningkatkan hasil belajar Kata Karate mahasiswa. (2) proses belajar di kelas menjadi lebih aktif dengan meningkatnya motivasi belajar mahasiswa yang berpengaruh terhadap hasil belajar setiap mahasiswa.

Copyrights © 2015