ABSTRAK Tujuan dalam penelitian ini mendiskripsikan disiplin pegawai dalam memberikan pelayanan pada Kantor Samsat Kota Kendari. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai yang ada dilingkup Kantor UPTD. Samsat Kota Kendari yang berjumlah 40 orang. Mengingat jumlah populasi relative kecil yakni 40 orang maka tehnik penarikan sampel yang digunakan adalah metode total sampling yaitu menetapkan secara langsung populasi sebagai responden penelitian. Selain penetapan responden juga ditetapkan informan sebagai pembanding yaitu Kepala UPTD Samsat Kota Kendari dan Kasubag Tata Usaha UPTD Samsat Kota Kendari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin pegawai di UPTD Samsat Kota Kendari dinilai cukup baik, dalam arti bahwa masih ada beberapa dari para pegawai kurang disiplin dalam pekerjaannya . Selain itu penerapan disiplin dalam meningkatkan pelayanan di UPTD Samsat Kota Kendari, dinilai kurang baik yang dilihat dari tanggapan responden terhadap kelima indikator yaitu kesederhanaan, keterbukaan, kejelasan dan kepastian serta ketepatan waktu, sehingga dapat dikatakan bahwa tujuan organisasi masih kurang mencapai tujuannya jika disiplin dalam memberikan pelayanan masih kurang memuaskan. Karena hanya dengan disiplin yang tinggilah bisa membuat kinerja pegawai semakin baik.Kata Kunci : Disiplin, Pegawai, Pelayanan, UPTD. Samsat Kota Kendari.
Copyrights © 2017