Edu Komputika Journal
Vol 3 No 2 (2016): Edu Komputika Journal

IMPLEMENTASI MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING MATERI MICROSOFT EXCEL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI, SIKAP DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 2 PATEBON

Sarasati, Astrilia (Unknown)
Harlanu, Muhammad (Unknown)
Sutarno, Sutarno (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi siswa SMP Negeri 2 Patebon melalui penerapan model student facilitator and explaining materi Microsoft excel, mengetahui peningkatan sikap belajar siswa SMP Negeri 2 Patebon melalui penerapan model student facilitator and explaining materi Microsoft excel, dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa SMP Negeri 2 Patebon melalui penerapan model student facilitator and explaining materi Microsoft excel. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent control group pretest-postest. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, kuesioner, dan lembar tes pretest posttest. Dari hasil analisis data, didapat hasil motivasi pada kelas eksperimen meningkat dari 43,55 menjadi 78,22, besarnya peningkatan diperoleh dari uji gain yaitu 0,61 dengan kategori sedang. Sedangkan hasil sikap belajar kelas eksperimen memperoleh rata-rata 48,75 menjadi 73,12 untuk besarnya peningkatan sikap diperoleh dari uji gain yaitu 0,48 dengan kategori sedang. pada nilai rata-rata test hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen sebesar 82,13 dan kelas kontrol sebesar 76,22. Untuk meningkatan hasil belajar kognitif siswa dilihat dari uji gain. Dari uji gain pada kelas eksperimen peningkatan hasil belajar kognitif berkategori sedang. persentase skor pada aspek psikomotorik kelas eksperimen sebesar 80,31% sedangkan kelas kontrol 70%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa implementasi model student facilitator and explaining mampu meningkatkan motivasi, sikap dan hasil belajar siswa SMP Negeri 2 Patebon. Saran berdasarkan keberhasilan pencapaian dari penerapan model student facilitator and explaining dalam proses pembelajaran ddapat dijadikan pertimbangan dalam melaksanakan pembelajaran disekolah dan kepada peneliti berikutnya untuk lebih mengembangkan dan mengeksplorasikan kembali penerapan model student facilitator and explaining pada proses pembelajaran berikutnya.  

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

edukom

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Engineering

Description

Edu Komputika Journal menerbitkan artikel-artikel hasil penelitian dan kajian konseptual di bidang pendidikan TIK, komputer, teknologi informasi, multimedia, rekayasa software dan aplikasinya dalam bidang ...