Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi
Vol 2, No 1 (2017): Edisi Januari

MAKNA EMOTIKON DALAM KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI PENGGUNA MEDIA SOSIAL LINE

Gradiyanto Giovanni Sakti (Halu Oleo University)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2017

Abstract

Analisis penelitian ini menggunakan teori semiotika Charles Sanders Pierce yang dikenal sebagai segitiga makna yakni tanda, objek dan interpretan. Dalam tahapan analisis data, Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Filling System, dimana data hasil observasi akan dianalisis dengan membuat kategori-kategori tertentu atau domain-domain tertentu.Dari hasil penelitian yang didapatkan Sticker Emoticon LINE Messenger sebagai Media Komunikasi Antar Pribadi bahwa LINE bisa dikatakan sebagai media komunikasi Antar Pribadi terfavorit di kalangan mahasiswa karena banyak fitur menarik yang tersedia. Tidak jarang mahasiswa yang menganggap aktivitas bersosial di aplikasi messenger seperti LINE merupakan gaya hidupnya. Aplikasi pesan instan ini layaknya candu yang membuat para mahasiswa ketagihan. Banyak pula mahasiswa yang menganggap aplikasi seperti LINE sebagai sahabatnya. Karena kebutuhan mereka tentang alat komunikasi yang cepat, praktis dan dapat dijangkau menjadi salah satu alasan mereka menggunakan aplikasi messenger seperti LINE. Selain yang utama ialah fitur-fitur stickernya yang menarik sehingga membuat LINE meningkat penggunaannya dikalangan mahasiswa.Setiap individu mahasiswa sebaiknya menjadi agen perkembangan arus informasi, misalnya mengsosialisaikan dampak-dampak positif penggunaan media informasi baru kepada masyarakat yang masih kurang paham dan tidak tahu perkembangan terbaru dunia teknologi dan informasi.Kata kunci : media sosial, LINE, Komunikasi Antar Pribadi

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

KOMUNIKASI

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Is a journal of scientific in the form of research results in communication and information science. This journal is published 4 times a year (January, April, July and October) published by the Laboratorium Ilmu ...