Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia
Vol 1, No 2 (2015): JULY

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH SISWA KELAS X SMA PANJURA MALANG

Yustyan, Septy (Unknown)
Widodo, Nur (Unknown)
Pantiwati, Yuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2016

Abstract

ABSTRAKSiswa kelas X di SMA Panjura Malang, mengalami kesulitan dalam memahami mata pelajaran biologi. Metode yang digunakan dalam mata pelajaran biologi masih menggunakan metode ceramah dan rendahnya kemampuan berpikir siswa disebabkan karena pembelajaran biologi selama ini cenderung hanya mengasah aspek mengingat dan memahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaranberbasis Scientific Approach terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Variabel  dalam penelitian ini terdiri dari pembelajaran berbasis Scientific Approach sebagai variabel independent, kemampuan berpikir kritis siswa sebagai variabel dependent. Metode pengambilan data yaitu dengan menggunakan metode tes tertulis berupa soal uraian untuk kemampuan berpikir kritis sesuai dengan indikator kemampuan berpikir kritis siswa. Validitas  instrumen  ini  menggunakan  pengujian validitas dan reliabilitas butir soal dengan pengujian tingkat kesukaran dan daya pembeda soal. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan analisis uji t-test pada taraf  signifikansi  5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran berbasis Scientific Approach memberikan  pengaruh  terhadap  kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Panjura Malang yang  dibuktikan  dengan  hasil menggunakan uji statistika yaitu uji t. Hal  ini membuktikan bahwa penggunaan pembelajaran berbasis Scientific Approach bisa digunakan dalam pembelajaran karena dapat memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir siswa.Kata Kunci: Pembelajaran, Scientific Approach, kemampuan berpikir kritis.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jpbi

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), ISSN 2442-3750 (print); ISSN 2527-6204 (online), publishes a scientific papers on the results of the study/research and review of the literature in the sphere of biology education in primary education, secondary education, and higher education. ...