Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
Vol 2 No 1 (2018): Volume 2, Nomor 1, Januari 2018

Peningkatan Hasil Belajar PKn melalui Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Crossword Puzzle

Mingan Mingan (SD Negeri Tiki 4 Trenggalek)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2018

Abstract

Proses pembelajaran yang menggunaan model, strategi dan media pembelajaran yang kurang inovati dan menarik mengakibatkan minat belajar siswa menjadi rendah. Selain itu, siswa kurang berpartisipasi aktif dalam pembelajaran sehingga mengakibatkan pembelajaran kurang bermakna bagi siswa.Pembelajaran yang berlangsung masih berpusat pada guru. Tujuan penelitian untuk mendapatkan gambaran obyektif peningkatan hasil belajar PKn dengan strategi pembelajaran aktif tipe Crossword Puzzle pada siswa kelas V SDN 4 Siki Kecamatan Dongko semester 2 tahun ajaran 2016/2017. Penelitian mengunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan tes. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Crossword Puzzle menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan dan siswa mudah memahami materi pembelajaran. Pencapaian hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 30,77% pada pra siklus, meningkat menjadi 53,83% pada siklus I sedangkan pada siklus II 84,62%.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Riset_Konseptual

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual is a scientific journal published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar c.q. Faculty of Science Education. This journal appears in both electronic and printed versions. This journal is published 4 (four) times a year ie January, April, July, October. This ...