Jurnal Pendidikan Fisika
Vol 1 No 2 (2013): Pendidikan Fisika

Hubungan Antara Citra Diri dan Persepsi Diri dengan Kemampuan Akademik Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar Angkatan 2012

Mursalin Dachyang (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2013

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui citra diri mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar Angkatan 2012, 2) Untuk mengetahui persepsi diri mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar Angkatan 2012, 3) Untuk mengetahui kemampuan akademik mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar Angkatan 2012, 4) Untuk mengetahui apakah ada hubungan antara citra diri dan persepsi diri dengan kemampuan akademik mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar Angkatan 2012. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 34 mahasiswa yang diambil melalui teknik proportional random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket  yang terdiri dari angket citra diri, angket persepsi diri serta dokumentasi hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah fisika dasar. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial yaitu analisis korelasi product moment dan korelasi ganda dengan uji-f. Dan terdapat hubungan yang signifikan antara citra diri dan persepsi diri dengan kemampuan akademik mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar Angkatan 2012 yaitu Fhitung > Ftabel (1095,53 > 3,32).

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

PendidikanFisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar is an academic journal that focuses on Physic ...