Jurnal Pendidikan Fisika
Vol 4 No 2 (2016): Vol 4, No 2, 2016

EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FASILITATOR AND EXPLAINING MENGGUNAKAN MEDIA CONCEPT MAP TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP

Ririn Ririn (Unknown)
Siti Mania (Unknown)
A. Ferawati Jafar (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui gambaran peningkatan pemahaman konsep siswa kelasX SMA Negeri 1 Walenrang yang diajar menggunakan model pembelajaran Student Fasilitator andExplaining (2) Untuk mengetahui gambaran peningkatan pemahaman konsep siswa kelas X SMANegeri 1 Walenrang yang diajar tanpa menggunakan model student fasilitator and explaining (3)Untuk mengetahui model pembelajaran Student Fasilitator and Explaining efektif untukmeningkatkan pemahaman konsep fisika siswa dari pada siswa yang tidak diajar dengan modelpembelajaran Student Fasilitator and Explaining kelas X SMA Negeri 1 Walenrang. Penelitian inimerupakan jenis penelitian Quasi Experimental Design dengan menggunakan desain penelitian pretestposttestcontrol group design. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dananalisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh Dhitung = 0,56 , dapat disimpulkan bahwapenerapan Model pembelajaran Student Fasilitator and Explaining dengan Menggunakan MediaConcept Map efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa daripada siswa yang tidakdiajar dengan model pembelajaran Student Fasilitator and Explaining dengan Menggunakan MediaConcept Siswa Kelas X SMAN 1 Walenrang

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

PendidikanFisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar is an academic journal that focuses on Physic ...