Jurnal Pendidikan Fisika
Vol 5 No 1 (2017): Vol 5, No 1, 2017

EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLY GAME SMART TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FISIKA

Andi Ferawati Jafar (Unknown)
ainul mardia (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2017

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimen, yang bertujuan untuk mengetahui:1) Sebarapa besar Minat belajar fisika peserta didik pada kelas yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran Monopoly Game Smart,  2) Sebarapa besar Minat belajar fisika peserta didik pada kelas yang tidak diajar dengan menggunakan media pembelajaran Monopoly Game Smart.  3) Adakah perbedaan Minat belajar fisika peserta didik pada kelas yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran Monopoly Game Smart dengan kelas yang tidak diajar dengan menggunakan media pembelajaran Monopoly Game Smart. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu The Static Group Comparison Design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas VIII SMPN 2 Baraka yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah keseluruhan 77 siswa. sampel pada penelitian ini dipilih dengan menggunakan acak kelas dengan teknik pemadanan sampel sehingga diperoleh 2 kelas dengan jumlah keseluruhan siswa 34. Hasil  penelitian  deskriptif  menunjukkan  bahwa  nilai  rata-rata  minat belajara peserta didik yang diajar dengan media Monopoly Game Smart  sebesar 88,7648 dan kelas yang tidak menggunakan media Monopoly Game Smart  sebesar 81,2305. Yang  menunjukkan  bahwa  terdapat  perbedaan anatara Minat belajar fisika peserta didik pada kelas yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran Monopoly Game Smart dengan kelas yang tidak diajar dengan menggunakan media pembelajaran Monopoly Game Smart.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

PendidikanFisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar is an academic journal that focuses on Physic ...