Jurnal Pendidikan Fisika
Vol 4 No 2 (2016): Vol 4, No 2, 2016

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FISIKA

Yuni Yuliyati (Unknown)
Baharuddin Baharuddin (Unknown)
Rafiqah Rafiqah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2016

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tiperotating trio exchange pada mata pelajaran fisika kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1Polongbangkeng Utara, meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fisikadengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe RTE kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1Polongbangkeng Utara.. Jenis penelitian tindakan kelas dan instrumen dalam penelitianadalah lembar observasi, tes tertulis, kuisioner respon siswa dan rekaman foto. Menggunakananalisis deskriptif dan analisis kualitatif. Hasil observasi aktivitas peserta didik pada siklus Iberada pada kategori cukup dan siklus II pada kategori baik. Respon siswa terhadappembelajaran termasuk kategori sangat baik. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapanmodel pembelajaran kooperatif tipe rotating trio exchange meningkatkan hasil belajarpeserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Polongbangkeng Utara pada mata pelajaranfisika dilihat dari persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 50,00%meningkat menjadi 78,12% pada siklus II.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

PendidikanFisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar is an academic journal that focuses on Physic ...