Jurnal Pendidikan Fisika
Vol 1 No 2 (2013): Pendidikan Fisika

Perbandingan Kecerdasan Emosional (EQ) dan Kecerdasan Spiritual (SQ) antara Mahasiswa Input SMA dan Mahasiswa Input MA Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar

Nur Thahirah Umajjah (UIN Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2013

Abstract

<p align="right">Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tentang Kecerdasan Emosional (Emotional Quotient) mahasiswa input SMA dan mahasiswa input MA, gambaran Kecerdasan Spiritual (Spiritual Quotient)mahasiswa input SMA dan mahasiswa input MA, selain itu juga bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan Kecerdasan Emosional (Emotional Quotient) mahasiswa input SMA dan mahasiswa input MA serta mengetahuiadanya perbedaan Kecerdasan Spiritual (Spiritual Quotient) mahasiswa input SMA dan mahasiswa input MA. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 mahasiswa yang diambil melalui Proportional StratifiedRandom Sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert yang meliputi skala Kecerdasan emosionala dan kecerdasan spiritual. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dananalisis inferensial yaitu analisis komparasi bivariat dengan uji statistik test “t”. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif untuk kecerdasanemosional mahasiswa input SMA diperoleh rata-rata 59,13 dengan kategori tinggi, dari nilai ideal 100 diperoleh nilai terendah 32 dan nilai tertinggi 51 dan kecerdasan emosional mahasiswa input MAdiperoleh nilai rata-rata 75,98 dengan kategori sangat tinggi, dari nilai ideal 100 diperoleh nilai terendah 71 dan nilai tertinggi 95. Untuk kecerdasan spiritual mahasiswa input SMA diperoleh rata-rata44,46 dengan kategori sedang dari nilai ideal 100 diperoleh nilai terendah 32 dan nilai tertinggi 52, dan kecerdasan spiritual mahasiswa input MA diperoleh rata-rata 87,36 dengan kategori tinggi dari nilaiideal 100 diperoleh nilai terendah 55 dan nilai tertinggi 98. Adapun Statistik inferensial menyatakan terdapat perbedaan yang signifikan kecerdasan emosional (emotional Quotient) antara mahasiswa inputSMA dan mahasiswa input MA yaitu thitung<ttabel untuk taraf signifikan 5% maupun 1% (-2.01> -6,33 < -2.68), serta terdapat perbedaan yang signifikan kecerdasan spiritual (spiritual Quotient) antaramahasiswa input SMA dan mahasiswa input MA yaitu thitung<ttabel untuk taraf signifikan 5% maupun 1% (-2.01> -34,04 < -2.68). </p>

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

PendidikanFisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar is an academic journal that focuses on Physic ...