Jurnal Pendidikan Fisika
Vol 1 No 1 (2013): Pendidikan Fisika

Pengaruh Ingatan dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Fisika di Ma Madani Alauddin PaoPao Kabupaten Gowa

Syarifah Aini (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menginterpretasikan pengaruh ingatan dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa di MA Madani. Penelitian ini menggunakan tiga variabel yaitu ingatan, kemampuan berpikir kritis, dan hasil belajar. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MA. Sampelnya menggunakan teknik Sampling Jenuh dengan jumlah 89 siswa. Peneliti menggunakan instrumen angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan inferensial untuk uji hipotesis yaitu uji f. Berdasarkan hasil penelitian analisis deskriptif diperoleh skor rata-rata ingatan 52,6 dengan kategori cukup, kemampuan berpikir kritis 53,42 juga kategori cukup dan hasil belajar siswa 75,38 dengan kategori tinggi. Hasil analisis inferensial menunjukkan nilai Fhitung2336.55 sedangkan Ftabel pada taraf signifikansi 5% adalah 3,11. Dengan demikian, Fhitung> dari Ftabel maka Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara ingatan dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran fisika di MA Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

PendidikanFisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar is an academic journal that focuses on Physic ...