Jurnal Pendidikan Fisika
Vol 5 No 1 (2017): Vol 5, No 1, 2017

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOORATIF TIPE WORD SQUARE BERBASIS LARI ESTAFET TERHADAP HASIL BELAJAR

Hasni Hasni (Unknown)
Muhammad Yusuf Hidayat (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2017

Abstract

Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental Designs yang bertujuan untuk mengetahui: (1) Gambaran hasil belajar fisika yang diajar dengan model pembelajaran word square berbasis lari estafet, (2) Gambaran hasil belajar peserta didik yang tidak diajar dengan model pembelajaran word square berbasis lari estafet, dan (3) Perbedaan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif  word square berbasis lari estafet dan  pembelajaran langsung pada kelas IX SMP Negeri 2 Parigi.. Desain penelitian ini yaitu  The Matching Only Post-Test Control Group Design. Populasi  penelitian berjumlah 47 orang dan sampel penelitian berjumlah 28 orang. Berdasarkan hasil analisis statistik menunjukkan bahwa thitung sebesar 1,315 dan ttabel sebesar 2,05 sehingga thitung < ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar fisika yang signifikan antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif word square berbasis lari estafet dan yang diajar dengan pembelajaran langsung pada kelas IX SMP Negeri 2 Parigi.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

PendidikanFisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar is an academic journal that focuses on Physic ...