Jurnal Pendidikan Fisika
Vol 3 No 1 (2015): Vol 3, No 1, 2015

PenerapanPenggunaan Metode Inquiry Terbimbing dala Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Fluida Statis Peserta Didik Kelas XI SMA N 1 Ajangale Kabupaten Bone

Fadly Fadly (Unknown)
Rafiqah Rafiqah (Unknown)
Santih Santih (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2017

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan Hasil Belajar Pada Materi Fluida statis Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Ajangale Kabupaten Bone.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar siswa.Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental Design. Terdiri dari pre test dan post test. Instrument yang digunakan antara lain lembar observasi dan tes hasil belajar.Hasil penelitian ini menunjukkan:1) Proses pelaksanaan pembelajaran dengan metode pembelajaran inquiry terbimbing kelas XI SMA Negeri 1 Ajangale pada materi fluida dilaksanakan dengan penalaran, menjelaskan, memecahkan masalah dan praktikum. 2) Kegiatan belajar mengajar menggunakan metode inquiry terbimbing yang dipadukan dengan metode pembelajaran langsung dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ajangale dilihat dari meningkatkan hasil dari pre test yaitu rata-rata 31.65% dan meningkat pada post tets yaitu dengan nilai 72.12%. Dengan demikian metode inquiry terbimbing dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Ajangale Kabupaten Bone.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

PendidikanFisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar is an academic journal that focuses on Physic ...