Jurnal Pendidikan Fisika
Vol 5 No 1 (2017): Vol 5, No 1, 2017

PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DALAM PERMAINAN FINDING ANSWER WITH BARRICADE DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS IX MTSN GOWA

Qisthi Amaliah (Unknown)
St Syamsudduha (Unknown)
Muhammad Qaddafi (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah  terdapat perbedaan antara model pembelajaran kooperatif tipe TGT dalam permainan finding answer with barricade dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian ini adalah  quasi eksperiment yang membandingkan hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Desain penelitian   menggunakan  the matching posttest onlycontrol group design.Sampel penelitian berjumlah 80 orang yang dipilih dari dua kelas. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu instrumen tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data statistik deskriptif dan inferensial.  Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor hasil belajar siswa di kelas eksprimen dan kelas kontrol setelah penelitian sebesar 81,75 dan 76,125. Hasil analisis dengan menggunakan  uji t 2 sampel independent diperoleh thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima, berarti terdapat perbedaan hasil belajar fisika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dalam  finding answer with barricade dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

PendidikanFisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar is an academic journal that focuses on Physic ...