Eralingua : Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra
Vol 1, No 2 (2017): Eralingua

KEEFEKTIFAN TEKNIK BRAINSTORMING DALAM KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI IPA

Arlian Fachrul Syahputra (Universitas Negeri Makassar)
Mantasiah R (universitas negeri makassar)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2017

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memerolehnformasi tentang keefektifan teknik Brainstorming dalam keterampilan menulis karangan bahasa Jerman. Jenis penelitian ini adalah  Quasi-eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungguminasa Kabupaten Gowa yang terdiri dari 9 kelas yang berjumlah 315 siswa. Sampel dalam penelitian ini random sampling yakni XI IPA 2 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPA 1 yang berjumlah 35 siswa. Pengumpulan data melalui tes keterampilan menulis karangan. Data dianalasis  menggunakan analisis Uji-t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa th 5,81 > tt 1,998. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik Brainstorming efektf dalam keterampilan menulis karangan bahasa Jerman siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungguminasa Kabupaten Gowa. 

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

eralingua

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Eralingua has been published by Department of Foreign Language Education, Faculty of Language and Literature Universitas Negeri Makassar. This journal receives research articles which examine about foreign language which use various approaches like linguistics, education, and literature. The Journal ...