Penelitian ini dilakukan untuk memerolehnformasi tentang keefektifan teknik Brainstorming dalam keterampilan menulis karangan bahasa Jerman. Jenis penelitian ini adalah Quasi-eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungguminasa Kabupaten Gowa yang terdiri dari 9 kelas yang berjumlah 315 siswa. Sampel dalam penelitian ini random sampling yakni XI IPA 2 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPA 1 yang berjumlah 35 siswa. Pengumpulan data melalui tes keterampilan menulis karangan. Data dianalasis menggunakan analisis Uji-t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa th 5,81 > tt 1,998. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik Brainstorming efektf dalam keterampilan menulis karangan bahasa Jerman siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungguminasa Kabupaten Gowa.
Copyrights © 2017