Pembelajaran di bidang komputasi, terutama yang berfokus pada bidang pengembangan perangkat lunak, membutuhkan ragam keahlian yang mumpuni. Meskipun bidang ilmu komputer menjadi salah satu bidang yang paling digemari oleh para pembelajar dengan kemampuan pendidikan di atas rata -rata, dalam kenyataannya mereka juga memperlihatkan kesulitan pada awal masa tahap pembelajaran. Hal ini dikarenakan karena para pembelajar belum memiliki keahlian khusus dibidang pemrograman komputer. Penelitian ini menghasilkan sebuah purwarupa perangkat lunak yang dapat digunakan untuk pembelajaran dasar logika pemrograman yang menggabungkan konsep permainan dan konsep pembelajaran pemrograman berbasis pola (pattern -based programming). Perangkat lunak yang dikembangkan akan ditujukan untuk media perangkat bergerak berbasis Android untuk tujuan skalabilitas penggunaan. Konsep pembelajaran pemrograman berbasis pola tela h dibuktikan mampu meningkatkan motivasi para pembelajar serta kemampuan pemrograman mereka secara spesifik. Penelitian yang sudah dilakukan saat ini hanya memberikan paparan hasil yang diperoleh dari penerapan permainan yang dapat dimainkan secara nyata d engan supervisi para pengajar. Model pembelajaran ini terbatas pada unsur ruang, waktu dan keterlibatan peserta pelajar. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah aplikasi permainan berbasis perangkat bergerak yang mampu mengatasi batasan-batasan yang ada pada penelitian sebelumnya.
Copyrights © 2018