Journal of Management Review
Vol 2, No 1 (2018): Journal of Management Review

LINGKUNGAN KERJA DAN KEPUASAN KERJA BERPENGARUH TERHADAP KUALITAS PELAYANAN

Rizali Sofiyan (Alumni Program Studi Magister Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Galuh)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk membuktikan bahwa lingkungan kerja dan kepuasan kerja berpengaruh terhadap kualitas pelayanan. Lokus studi diarahkan pada Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Ciamia (RSUD). Lokus dipertimbangkan karena rumah sakit memiliki ke khasan dalam lingkungan kerja dan kepuasan kerja meskipun masih domain pegawai negeri tapi harus berorientasi pada pencapaian kualitas dan standar mutu yang ditetapkan nasional. Metode yang dilakukan adalah metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian mengungkap bahwa  hubungan antar bawahan dengan pimpinan paling dominan mempengaruhi variabel lingkungan kerja.Jika lingkungan kerja ditingkatkan maka kualitas pelayanan akan meningkat. Pada hasil indikator kepuasan watak/genetik dianalisis paling dominan mempengaruhi variabel kepuasan kerja.Jika kepuasan kerja ditingkatkan maka kualitas pelayanan akan meningkat. Pada indikator memberikan perhatian yang tulus dan bersifat individual atau pribadi (empathy) paling dominan mempengaruhi variabel kualitas pelayanan. Jika lingkungan kerja dan kepuasan kerja ditingkatkan makakualitas pelayanan akan meningkat.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

managementreview

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal of ManagementReview is a scientific journal in the field of management in widely spectrum broad but focus on management science that aims to accommodate for writers such as lecturer, students, researchers and practitioners to share their scientific experience both theoretically and ...