Penelitian ini memiliki tujuan untuk membuktikan bahwa lingkungan kerja dan kepuasan kerja berpengaruh terhadap kualitas pelayanan. Lokus studi diarahkan pada Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Ciamia (RSUD). Lokus dipertimbangkan karena rumah sakit memiliki ke khasan dalam lingkungan kerja dan kepuasan kerja meskipun masih domain pegawai negeri tapi harus berorientasi pada pencapaian kualitas dan standar mutu yang ditetapkan nasional. Metode yang dilakukan adalah metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian mengungkap bahwa hubungan antar bawahan dengan pimpinan paling dominan mempengaruhi variabel lingkungan kerja.Jika lingkungan kerja ditingkatkan maka kualitas pelayanan akan meningkat. Pada hasil indikator kepuasan watak/genetik dianalisis paling dominan mempengaruhi variabel kepuasan kerja.Jika kepuasan kerja ditingkatkan maka kualitas pelayanan akan meningkat. Pada indikator memberikan perhatian yang tulus dan bersifat individual atau pribadi (empathy) paling dominan mempengaruhi variabel kualitas pelayanan. Jika lingkungan kerja dan kepuasan kerja ditingkatkan makakualitas pelayanan akan meningkat.
Copyrights © 2018