AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui peningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui metode SAS pada siswa kelas I SD Negeri Brajan, Tamantirto, Kasihan, Bantul 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Brajan. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I SD Negeri Brajan yang berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 14 laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan rata-rata dan persentase ketuntasan. Teknik analisis data menggunakan rata-rata dan persentase ketuntasan.Hasil penelitian ini pada pra siklus persentase ketuntasan belajar 28,57% dengan nilai rata-rata 64,07. Pada siklus I persentase ketuntasan belajar meningkat menjadi 46,43% dengan nilai rata-rata 67,40. Pada siklus II persentase ketuntasan belajar meningkat lagi menjadi 71,43 % dengan dengan nilai rata-rata 74,87. Pada siklus III persentase ketuntasan lebih meningkat menjadi 85,71% dengan nilai rata-rata 84,37. Dengan menggunakan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa di kelas I SD Negeri Brajan.Kata Kunci : Kemampuan Membaca Permulaan, Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS)AbstractThis research has aim to know the increasing of prefix reading comprehension throught Structural Analytic Sythetic (SAS) method in the first grade students of Brajan Elementary School, Tamantirto, Kasihan, Bantul 2014/2015.This research is conducted at Brajan Elementary School. This research is a Classroom Action Research (CAR). Prosedur of this research is planning, implementasion, observation, and reflection The subjects are 28 students with details 14 male students and 14 female students. Data Collection techniques using the test, observation, documentation, and field notes. The result of pre-cycle test learning completeness percentage 28,57% with low criteria and has average score 64,07. In the 1st cycle learning completeness percentage increase to be 46,43% with lower criteria and has average score 67,40. In the 2nd cycle learning completeness percentage increase to be 71,43% with medium criteria and has average score 74,87. In the 3rd cycle learning completeness percentage increase to be 85,71% with high criteria and has average score 84,37. By using Structural Analitic Sintetic Methods can improve the increasing of prefix reading comprehension in the first grade students of Brajan Elementary School.Key Words: Prefix Reading Comprehension, Structural Analytic Synthetic (SAS) Method
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015