JPGSDI
Vol 1, No 2 (2015): Jurnal PGSD Indonesia

UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI METODE SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS III SD KI AGENG GIRING GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Candrasari, Erma (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2016

Abstract

ABSTRAKPenelitian bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam pembelajaran bahasa Indonesia melalui metode sosiodrama pada siswa kelas III SD Ki Ageng Giring Gunungkidul tahun pelajaran 2014/2015. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa, penerapan metode sosiodrama terbukti dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III SD Ki Ageng Giring. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan keterampilan berbicara siswa yang telah mencapai nilai KKM, pada prasiklus nilai rata-rata siswa 65, dengan persentase ketuntasan 25%. Pada siklus I nilai rata-rata siswa 75, dengan persentase ketuntasan 56,25%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 88,75, dengan persentase ketuntasan 93,75%.Kata kunci: keterampilan berbicara, metode sosiodramaABSTRACTThe research aims to improve the speaking skill in Bahasa Indonesia lesson through a sociodrama method among 3rd year pupils of Ki Ageng Giring Elementary School Gunungkidul, during the 2014/2015 academic year. The result concludes that, the application of sociodrama method is proved to be effectual in improving the speaking skill of said students of the 3rd year in Ki Ageng Giring Elementary School. This is ascertained by an increase in students’ speaking skills that achieved KKM value, in which pre-action score was 65, with completion percentage 25%. In cycle I this increased to 75, with completion percentage 56.25%. Meanwhile within cycle II students’ average score improve to 88.75%, with completion percentage reached 93.75%.Keywords: speaking skill, sociodrama method

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JPGSDI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal PGSD Indonesia mempublikasikan tulisan ilmiah dari karya penelitian dalam lingkup pendidikan dan pembelajaran Ke-SD-an.Dengan subjek penelitian siswa jenjang Sekolah Dasar. Setiap naskah ditelaah oleh mitra bestari yang dimintai secara khusus sesuai ...