Pengukuran adalah suatu proses untuk mendapatkan deskripsi numerik (angka) sebagai ukuran tampilan sesuatu/seseorang. Pengukuran kinerja merupakan suatu alat manajemen yang digunakan untuk meningkatkan kualitas pengambilan keputusan dan akuntabilitas, pengukuran kinerja juga digunakan untuk menilai pencapaian tujuan dan sasaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis kualitatif. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah tentang bagaimana cara pengukuran kinerja yang digunakan, apa saja kendala dalam pengukuran kinerja, bagaimana cara mengatasi kendala tersebut. Hasil penelitian pada Direktorat Kepelabuhanan pada Kementrian Perhubungan adalah kurangnya kualitas dan kuantitas SDM dalam bidangnya dan anggaran yang tidak sesuai dengan target. Cara mengatasi kendala tersebut adalah dengan memaksimalkan kuantitas dan kualitas yang ada dengan diberikannya BIMTEK dan sosialisasi. Sedangkan untuk anggaran, dilakukan penghematan anggaran dan beberapa kegiatan dalam perencanaan kinerja terpaksa ditunda atau tidak dilaksanakan. Anggaran dapat diajukan kembali pada tahun berikutnya dan kegiatan akan direalisasikan pada tahun berikutnya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018