Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan model pemÂbelajaran langsung berbantuan program Cabri 3D yang dapat meningkatkan  hasil belajar siswa pada materi menentukan besar sudut dalam  ruang di Kelas X SMA Al-Azhar Palu. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini mengacu  pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart, yakni perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan  model pembelajaran langsung berbantuan program Cabri 3D yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan mengikuti fase-fase model pembelajaran langsung, yakni: (1) guru menyampaiÂkan tujuan pembelajaran serta mempersiapkan siswa. (2) guru men-demonstrasikan pengetahuan. (3) guru membimbing pelatihan dengan memÂbagikan LKS. (4) guru mengecek pemahaman siswa dan memberi umpan balik. (5) guru memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan dan penerapan.Kata kunci: pembelajaran langsung, Cabri 3D, hasil belajar, menentukan besar sudut dalam ruang
Copyrights © 2014