Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako
Vol 3, No 3 (2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VAN HIELE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELILING DAN LUAS DAERAH LAYANG-LAYANG DI KELAS VII SMP NEGERI 12 PALU

Mika, I Putu Nadiat (Unknown)
Murdiana, I Nyoman (Unknown)
Sukayasa, Sukayasa (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang  penerapan model pembelajaran Van Hiele yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas daerah layang-layang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Desain penelitian ini mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Penelitian ini di-laksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Van Hiele dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dengan mengikuti langkah-langkah, yaitu: (1) fase informasi, (2) fase orientasi terarah, (3) fase penegasan, (4) fase orientasi bebas dan (5) fase integrasi.Kata kunci: Model Pembelajaran Van Hiele, Hasil Belajar, Keliling dan Luas Daerah Layang-layang

Copyrights © 2016