AKSIOMA Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6, No 2 (2017)

MEMBANGUN APLIKASI ARITMATIKA SEDERHANA UNTUK ANAK SD BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR)

Joefrie, Yuri Yudhaswana (Unknown)
Lamasitudju, Chairunnisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2017

Abstract

Abstrak: Melakukan permainan satu sama lain, berinteraksi dengan media pembelajaran, baik itu media display atau pun media realia yang sangat menyenangkan. Di sepanjang jendela dalam kelas atau pun di sudut-sudut kelas, terpasang aneka poster, foto para pahlawan, dan model 3 dimensi yang berbentuk hewan atau pun tumbuhan, ataupun poster yang berisi aritmatika sederhana. Seiring dengan perkembangan zaman, ada beberapa kekurangan dalam media pembelajaran yang dianut secara turun temurun ini. Salah satunya adalah bahwa media pembelajaran itu dapat patah disalah satu bagiannya, atau pun tampak kusam karena jarang dirawat. Hal lain yang mendasari peniliti untuk melakukan riset untuk membangun aplikasi ini adalah adanya pandangan anak didik bahwa mempelajari mata pelajaran matematika itu cukup rumit dikarenakan kesulitan dalam memahami konsep dasarnya. Kemungkinan lain yang dihadapi adalah kurang improvisasinya para guru dalam menyajikan algoritma sederhana atas proses aritmatika sehingga daya nalar dan daya pikir anak didik menjadi berat. Produk yang dibangun dapat menampilkan proses aritmatika sederhana yang cukup interaktif dengan cara yang unik dan menyenangkan. Dimana aplikasi ini dirancang berbasis Augmented Reality yang memberikan tampilan seolah-olah angka tersebut nyata, sebagaimana sering dikenal dengan model 3 dimensi. Siswa tersebut hanya mendekatkan barkode yang telah disediakan didalamnya telah dilengkapi dengan angka-angka dan operator tambah, bagi, kali, kurang dan lain sebagainya.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

AKSIOMA

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Terbit pada bulan Maret dan September setiap tahun serta nomor suplemen bila dimungkinkan. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian atau kajian analisis kritis di bidang pendidikan matematika dan atau ...