AKSIOMA Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6, No 1 (2017)

PENGARUH KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS (MATHEMATICAL REASONING) DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI PADA MATERI STATISTIKA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI DI KOTA PALU

Inayah, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2017

Abstract

Abstrak: Penelitian ini adalah penelitian expost facto yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan penalaran matematis dan gaya kognitif terhadap kemampuan komunikasi pada materi statistika di kelas XI IPA SMA Negeri di kota Palu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri di kota Palu tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan two-stage proporsional stratified simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA-1 di SMA Negeri 1 Palu, XI IPA-1 di SMA Negeri 3 Palu, XI IPA-2 di SMA Negeri 4 Palu, XI IPA-1 di SMA Negeri 6 Palu, dan XI IPA di SMA Negeri 8 Palu. Banyaknya sampel adalah 138 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan penalaran matematis, Group Embedded Figures Test (GEFT), dan tes kemampuan komunikasi pada materi statistika. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial dengan menggunakan analisis Analysis of Variance (ANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak terdapat perbedaan kemampuan komunikasi pada materi statistika antara siswa yang bergaya kognitif Field Independent (FI) dengan siswa yang bergaya kognitif Field Dependent (FD); (2) terdapat perbedaan kemampuan komunikasi pada materi statistika antara siswa yang memiliki kemampuan penalaran matematis tinggi dengan siswa yang memiliki kemampuan penalaran matematis rendah.Kata Kunci : Penalaran Matematis, Gaya Kognitif, Komunikasi pada Materi Statistika

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

AKSIOMA

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Terbit pada bulan Maret dan September setiap tahun serta nomor suplemen bila dimungkinkan. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian atau kajian analisis kritis di bidang pendidikan matematika dan atau ...