AKSIOMA Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5, No 3 (2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP ADVENT PALU PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR

Marsana, I Made (Unknown)
Sugita, Gandung (Unknown)
Paloloang, Baharuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2017

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini yaitu untuk memperoleh deskripsi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Advent Palu pada materi operasi hitung bentuk aljabar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yaitu: 1) perencanaan, 2)  pelaksanaan tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Advent Palu yang berjumlah 23 siswa. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui lembar observasi, wawancara, catatan lapangan, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI  yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung bentuk aljabar di kelas VII SMP Advent Palu yaitu dengan mengikuti  fase-fase: 1) pembelajaran secara individual, 2) pengorganisasian kedalam kelompok, 3) diskusi kelompok mengenai hasil belajar, 4) pemberian kuis, 5) pemberian penghargaan, dan 6) penyimpulan materi.Kata kunci: kooperatif tipe TAI, hasil belajar, operasi hitung bentuk aljabar.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

AKSIOMA

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Terbit pada bulan Maret dan September setiap tahun serta nomor suplemen bila dimungkinkan. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian atau kajian analisis kritis di bidang pendidikan matematika dan atau ...