Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi fungsi komposisi di kelas XI IPA 1 SMAN 7 Palu. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yakni perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini sebanyak 25 siswa dan dipilih tiga siswa sebagai informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada fungsi komposisi di kelas XI IPA I SMAN 7 Palu, dengan delapan komponen yaitu: 1) placement test, 2) team, 3) teaching group, Â 4) student creative, 5) team study, 6) whole class unit, 7) fact test, dan 8) team scores and team recognition.Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe TAI, hasil belajar, fungsi komposisi.
Copyrights © 2016