AKSIOMA Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 3, No 2 (2014)

PROFIL TEKNIK GURU MENGAJARKAN SIFAT-SIFAT KUBUS, BALOK, TABUNG, DAN BOLA PADA SISWA KELAS IV TUNANETRA DI SDLB ABCD MUHAMMADIYAH PALU

Risaldi, Luppi (Unknown)
Jaeng, Maxinus (Unknown)
Bennu, Sudarman (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2017

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang profil teknik guru mengajarkan  sifat-sifat kubus, balok, tabung, dan  bola pada siswa kelas IV tunanetra di SDLB ABCD Muhammadiyah Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan  pendekatan deskriptif  kualitatif. Untuk  memperoleh  hasil penelitian, digunakan empat teknik pengumpulan data, yaitu  rekaman video, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam  mengajarkan  sifat-sifat kubus, balok, tabung, dan bola, guru menerapkan tiga teknik pembelajaran yang terdiri dari; (1) teknik analogi, yaitu guru mengajarkan sifat-sifat kubus, balok, tabung, dan bola dengan  menggunakan alat  peraga berupa model bangun ruang dari masing-masing bangun ruang  yang akan diajarkan. Guru mengajarkan titik sudut kubus dan balok dengan  menganalogikan  titik sudut sebagai bentuk yang runcing dan rusuk sebagai garis. (2) teknik aturan, yaitu terlebih dahulu guru menyampaikan sifat-sifat kubus, balok, tabung, dan bola, kemudian diucapkan  kembali oleh siswa sesuai dengan  yang  telah disampaikan oleh guru. (3) teknik keterlibatan, yaitu guru melibatkan semua siswa untuk ikut meraba alat peraga dari masing-masing bangun ruang yang diajarkan, dan ikut membilang banyak titik sudut, sisi, dan rusuk pada alat peraga kubus dan balok.Kata kunci: profil, tunanetra, sifat-sifat kubus, balok, tabung, bola.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

AKSIOMA

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Terbit pada bulan Maret dan September setiap tahun serta nomor suplemen bila dimungkinkan. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian atau kajian analisis kritis di bidang pendidikan matematika dan atau ...