AKSIOMA Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5, No 3 (2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT KELAS X MIA SMA NEGERI 1 BANAWA

Hairiyah, Hairiyah (Unknown)
Murdiana, I Nyoman (Unknown)
Linawati, Linawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2017

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization  yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi persamaan kuadrat di kelas X MIA SMA Negeri 1 Banawa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yaitu:  perencanaan,  tindakan, observasi, dan  refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini sebanyak 34 siswa dan dipilih tiga siswa sebagai informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi persamaan kuadrat di kelas X MIA SMA Negeri 1 Banawa, dengan delapan komponen yaitu: 1) tes penempatan, 2) kelompok, 3) mengajar kelompok, 4) materi-materi kurikulum, 5) belajar kelompok, 6) unit seluruh kelas, 7) tes fakta, dan 8) skor kelompok dan rekognisi kelompok.Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe TAI, hasil belajar, persamaan kuadrat.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

AKSIOMA

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Terbit pada bulan Maret dan September setiap tahun serta nomor suplemen bila dimungkinkan. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian atau kajian analisis kritis di bidang pendidikan matematika dan atau ...