Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi penerapan teknik scaffolding yang dapat mengatasi kesalahan prosedur siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Balaesang dalam menyelesaikan soal-soal limit fungsi aljabar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Balaesang berjumlah 25 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada desain penelitian oleh Kemmis dan Mc. Taggart, yakni: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi, wawancara dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik scaffolding dapat mengatasi kesalahan prosedur siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Balaesang dalam menyelesaikan soal-soal limit fungsi aljabar, melalui tahap-tahap sebagai berikut: 1) penyampaian materi, 2) pembentukan kelompok, 3) pemberian tugas,  4) pemberian bantuan, dan 5) penyimpulan pelajaran. Siklus I siswa yang tuntas sebanyak 10 orang sedangkan siklus II sebanyak 20 orang.Kata kunci: teknik scaffolding, kesalahan prosedur, limit fungsi aljabar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016